Powered by Blogger.

Kul-Syarief Mosque

Selayang Pandang Asrama

Jan 4, 2015

Meja Belajar Sekaligus Kasur Di Beberapa Asrama Rusia
Tinggal di asrama mahasiswa bagi warga negara asing yang berkuliah di Rusia adalah sebuah pilihan. Sebagian asrama di beberapa kota memberikan pelayanan bak hotel berbintang plus dengan harga yang jauh lebih murah dari harga semalam hotel murah untuk satu bulannya. Namun ada beberapa universitas yang mungkin masih mengadopsi budaya komunal peninggalan sejarah perjalanan Rusia sehingga masih menggunakan asrama yang unik. Misalnya saja asrama yang sempat saya tinggali yang khusus untuk mahasiswa Kazan National Research Technological University.

Ada beberapa bangunan asrama yang tersebar di beberapa titik di kota Kazan. Saya pernah meninggali asrama nomer 2. Bangunan empat lantai ini tampak indah dengan warna kuning muda yang terlihat masih baru-baru saja dicat. Setiap tahun, biasanya pada musim panas rutin dilakukan peremajaan kembali seluruh isi asrama. Hanya yang berkartu penghuni yang bisa masuk, kecuali keadaan tertentu yang bersyarat. Ada semacam ruang tamu dengan empat sofa empuk setelah melewati penjagaan oleh pengecek kartu. Lantai terbuat dari kayu yang hangat, berdecit bila diinjak. Kamar mandi terpusat, satu gedung yang berisi sekitar tiga ratus mahasiswa dan pengurus ini harus bergantian, lebih tepatnya harus mau mandi bersama-sama di satu ruang ini. Tentu saja wanita dan pria dipisah tempatnya. Pun ada jadwal tersendiri untuk bisa memakai kamar mandi ini, tidak terbuka 24 jam 7 hari seminggu. Kamar mandi dan ruang cuci di setiap lantai disediakan, tentu saja terbuka sepanjang hari. Dapur disediakan dua buah setiap lantai. Ada kompor dengan gas yang sepuasnya bisa kita gunakan. Terdapat pula ruang baca, ruang untuk bermain musik semacam tempat kedap suara juga ada semacam tempat berolahraga.

Kini kita memasuki ruangan yang tentunya paling banyak waktu terhabiskan di sini. Ruang kamar yang seukuran sekitar 10 meter persegi. Terdiri dari empat buah meja berkasur serta lemari. Setiap orang yang tinggal akan mendapatkan bantal serta selimut juga. Tak lupa ada penghangat ruangan yang bekerja maksimal di musim dingin juga. Menurut saya keadaan kamar ini bisa dibilang standar, apalagi dengan harga yang hanya sekitar 5000 Ruble untuk sepuluh bulannya, sekitar 150.000 Rupiah setiap bulannya.

Semangat Menetap!

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading