Powered by Blogger.

Kul-Syarief Mosque

Wawancara Beasiswa Pemerintah Federasi Rusia

Nov 7, 2014

Berkas-berkas yang saya kumpulkan menjadi satu di amplop coklat besar dengan rincian berikut, saya kirimkan langsung ke Pusat Kebudayaan Rusia. Alamat lengkapnya sebagai berikut: Jalan Diponegoro 12, Menteng, Jakarta 10310. Bisa dengan jasa pos bila kita berada di luar kota atau juga bisa langsung menuju tempat tersebut di hari dan jam kerja umumnya.

Setelah sampai di tangan yang benar, saatnya kita menunggu pengumuman hasil seleksi berkas. Saya tentu tidak mengetahui apa saja yang menjadi nilai diterimanya suatu berkas aplikasi beasiswa tersebut. Tidak menutup kemungkinan dari mana pun asal kita sekolah sebelumnya tetap akan bisa lolos seleksi. Ada baiknya kita mengumpulkan berkas secepatnya karena saya sendiri diwawancara pada hari senin, 10 Februari 2014 sekitar seminggu setelah mengumpulkan berkas, di mana tanggal tersebut masih terbuka kesempatan untuk aplikasi berkas beasiswa.

Pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta (foto oleh studirusia.com)

Hari wawancara tiba. Saya diminta menunggu di salah satu ruang kelas di PKR bersama dengan calon penerima beasiswa lainnya. Saya kira saya terlambat tiba karena semua yang sedang menunggu telah selesai diwawancara. Saya terkaget juga karena setelah berkenalan dengan beberapa orang, ternyata ada juga yang datang dari jauh yakni dari Ambon dan juga Jogjakarta. Hingga sampailah nama saya dipanggil, bergerak menuju sebuah ruang di pojok. Berhadapan langsung dengan dua orang wanita, satu orang berkebangsaan Indonesia dan satu lagi berkebangsaan Rusia.

Yang terjadi di dalam ruangan sama halnya dengan bincang santai. Awalnya berbahasa Indonesia dan sempat juga diiringi bahasa Inggris, mungkin bagi yang telah mahir berbahasa Rusia akan dicoba bincang Rusia pula. Saya kira tidak ada pertanyaan yang jawabannnya benar atau salah di wawancara itu. Hanya menanyakan kesiapan keseluruhan untuk melanjutkan studi ke Rusia. Misalnya apakah sudah pernah hidup sendiri jauh dari orang tua, dan sebagainya.

Tanpa sadar sudah selesailah wawancara yang saya kira tidak lebih dari setengah jam itu. Persiapan yang mungkin kita perlukan di setiap wawancara, baik itu untuk pekerjaan maupun beasiswa seperti ini adalah sikap santai yang meyakinkan. Berhati-hatilah mengucapkan hal yang menyerempet ke arah kebohongan karena akan membuat kita gugup di saat wawancara. Selebihnya adalah hadiah berkah dari Allah SWT.

Selamat berbincang santai!

21 comments

  1. Kak,,,,kira-kira apa saja yang d tanyakan,,,di wawancaranya selain kesiapan keseluruhan untuk melanjutkan studi ke rusia, sperti jauh dari orang tua,,
    jelasin detail nya ya kak,,,
    bisa d email juga jamialchaff@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam, kalau melihat persyaratan baru beasiswa tahun ini dengan lembar rencana studi, sepertinya akan ada pertanyaan tentang rencana studi nanti di sini. Detilnya, kita akan ditanya kenapa memilih Rusia, tentang jurusannya, serta kemampuan bahasa asing.
      Sukses ya!

      Delete
    2. Ka,kalau misalnya yg udh sempet ikut podfak d russia ,bakaln d tnya" pke bhs russia gitu gk?
      Terus wawancaranya full english gitu gk?

      Delete
    3. Lebih bagus kalau bs sedikit berbicara bahasa Rusia. Dulu saya full English karena S2.

      Delete
  2. Biasanya pengumuman hasil tes wawancara berapa lama? Spasiba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah, setelah berakhir sesi wawancara kita akan diberitahukan kapan pengumumannya, biasanya sekitar dua-tiga bulan :)
      Pozaluyshta!

      Delete
  3. Salam Kenal Kak,
    Apakah bisa minta Line ID atau emailnya kakak, karena ada yang ingin saya tanyakan mengenai persiapan ke Rusia. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal!
      Silakan bisa ke Line ID rifqito atau bisa cek about me di bagian atas halaman situs ini :)

      Delete
  4. Assalamualaikum k' boleh dong sebutin berkas2 yg disiapkan k' terimakasih k'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuhu, silakan cek kembali artikel lain di blog ini ya

      Delete
  5. salam kenal kak ,

    itu pengumpulan berkas2nya kalo pada akhir2 febuari masih bisa ga ya ? kalo nilai saya pas2an ada kemungkinan di terimah ga ya ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, lebih awal lebih baik untuk pengumpulan berkas. Nilai pas2an silakan dicoba, siapa tahu tim penilai ada pertimbangan lain.

      Delete
  6. Halo kak, saya Nanda...
    saya sekarang siswi kelas 12...
    saya berencana untuk mendaftar beasiswa rusia untuk bachelor degree yang saya dengar akan dibuka akhir desember ini. saya sempat melihat persyaratannya yg untuk tahun ini... saya bingung kak tentang jurusan dan universitas yg bisa kita pilih. maksud pertanyaan saya, jurusan yang bisa kita apply itu hanya satu jurusan untuk 6 pilihan universitas atau bagaimana kak? saya agak bingung tentang itu kak..

    kemudian, mengenai salah satu persyaratannya yaitu research plan. itu seperti apa sih kak? itu kayak rencana penelitian buat skripsi kita ntar atau gimana kak? dan format nya nanti bagaimana kak? apa yang harus dijelaskan perpoin dalam research plan itu kak? mohon sekali penjelasan mengenai hal itu kak.

    Ohya kalau kakak tidak keberatan, boleh kah kirimkan bentuk research plan yang dimaksudkan kak ke email trinandaarzatia68@gmail.com

    mohon bantuannya kak...
    terima kasih sebelumnya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Salam kenal.
      İya benar kamu hanya bisa memilih satu jurusan dan 6 universitas.
      Untuk Research plan buat seperti proposal Karya ilmiah remaja. Untuk contohnya bisa dicari di Web.
      Semangat ya!

      Delete
    2. Terima kasih atas jawabannya kakk..

      Tapi saya ada satu pertanyaan lagi... Kalo misalnya kita mau mendaftar melalui pintu belakang. Bagaimana cara kita buat nge email pihak kampus yang kita tuju? Apa yg perlu diperhatikan dalam meng email pihak kampus sana?
      Atau ada kah kakak contoh cara emailnya kak? boleh kah dikirim ke email saya kak trinandaarzatia68@gmail.Com

      Mohon sekali bantuannya kak
      Terima kasih.

      Delete
  7. wawancara untuk S1 dalam bahasa inggris ya kk.
    trima kasih

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum kak, saya ingin bertanya bagaimana dengan proses pelaksanaan wawancaranya yang bertepatan dengan waktu pelaksanaan ujian sekolah kak ?

    ReplyDelete
  10. Haruskah wawancaranya menggunakan b.inggris? Hm:(

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum kak, apakah pertanyaan-pertanyaan nya dalam bahasa Inggris semua kak? Dan menjawabnya juga apa harus memakai bahasa Inggris kak?

    ReplyDelete

 

Most Reading