Powered by Blogger.

Kul-Syarief Mosque

Sebelum Berangkat

Nov 23, 2014

Kali ini kita akan pindah menuju daerah yang bisa dibilang cukup jauh, hampir setengah diameter bumi. Tentu saja persiapan yang dilakukan juga lebih detil ketimbang pindah ke kosan di kota seberang. Alhamdulillah maskapai penerbangan pun dengan senang hati memberikan bagasi yang cukup melegakan yakni total 30 kilogram gratis, selebihnya akan dikenakan biaya per kilogramnya yang berbeda-beda tiap maskapai. Selain itu kita juga diperkenankan membawa tas jinjing dua buah untuk dibawa masuk ke dalam kabin dengan tidak melebihi 7 kilogram tiap tasnya. Saya pun memilih kebutuhan minimum itu disiasati dengan kebutuhan yang kiranya akan saya bawa ke Rusia.

Tas Jinjing Ukuran Sedang
Satu buah koper yang mampu memutar melingkar akan lebih meringankan mobilisasi hingga sampai ke kamar tujuan. Satu buah tas punggung untuk menaruh berbagai barang elektronik seperti charger dan juga laptop. Ada yang berujar bahwa di beberapa bandara akan ada pengecekan keaslian Operating System dari laptop yang kita bawa. Mungkin ada baiknya kita mulai mengecek keasliannya walaupun saya sendiri tidak mengalami pengecekan tersebut. Satu tas lagi berupa tas jinjing yang ukurannya tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar agar tidak begitu menarik perhatian penjaga sebelum masuk kabin. Plus satu tas kecil untuk menaruh tiket, paspor dan dompet agar mudah dikeluarmasukkan.

Koper dengan ukuran yang paling besar, berisi sebagian besar pakaian, buku dan peralatan lain. Diusahakan seluruh barang dan juga koper tersebut seberat 30 kg. Kadang kita lupa bahwa semakin besar koper juga semakin berat massanya. Kita bisa menggunakan tas jinjing ukuran sedang tadi untuk menaruh berbagai barang yang sekiranya tidak muat ditaruh di koper. Berhemat-hematlah dalam memasukkan barang, tenang saja karena kita masih bisa membeli kebutuhan yang terlewat di Rusia kelak. Selain akan memudahkan kita kelak dalam hal bawa-membawa, juga tidak menyusahkan penjemput kita nanti yang tentu akan membantu kita membawa barang bawaan.

Satu tangan menyeret koper besar, satu tangan memegang dua ikat tali tas jinjing plus satu punggung untuk tas di belakang. Semangat Berkelana!

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading