Powered by Blogger.

Kul-Syarief Mosque

Persiapan Barang yang Akan Dibawa Ke Luar Negeri Khususnya Wilayah Federasi Rusia

Nov 21, 2014

Beberapa saat sebelum keberangkatan biasanya akan ada pertemuan dengan para senior dari Rusia yang masih atau telah lulus kuliah. Mereka yang menghabiskan liburan musim panas di Indonesia akan dengan senang hati membagikan saran dan kesan selama hidup di Rusia. Beberapa poin barang-barang yang akan dibawa yang sempat disampaikan senior saat itu serta dari pengalaman saya yang telah sampai di sini adalah sebagai berikut:
  • Pakaian Khusus
Berada di Rusia mungkin akan menimbulkan keanehan bagi warga Indonesia. Salah satunya adalah keanehan dalam hal pakaian. Dengan letak daerah di belahan bumi utara, lebih atas lagi dari Jepang, tentu akan memberikan pengalaman dingin yang lebih dahsyat. Oleh karena itu bersiap-siaplah dengan peralatan tempur musim dingin.

Salah Satu Contoh Jaket Bulu Angsa
Sebisa mungkin seluruh tubuh kita terlindungi dari dinginnya udara. Di mulai dari kepala, bisa dengan kupluk atau topi hangat yang dapat menutup hingga daun telinga. Di Rusia sendiri ada topi khas yang mampu menutup sampai leher dan pipi juga, sering disebut Ushanka. Kita berlanjut ke bawah, ke daerah sekitar leher. Di bagian ini bisa kita tutupi dengan syal hangat yang juga modis. Selanjutnya adalah bagian badan sampai sekitar perut atau paha. Sangat disarankan untuk membeli jaket dari bahan bulu angsa yang biasanya di bagian luarnya berbahan parasut yang anti basah. Selain itu bila memiliki sweater atau baju hangat lainnya juga bisa dibawa untuk melapisi bagian dalam tubuh. Selain itu juga sebaiknya memiliki baju hangat ketat badan yang sering disebut longjohn. Baju ketat yang menutup badan sampai kaki ini niscaya memberikan perlindungan dan juga mencegah panas tubuh cepat kabur karena dingin. Untuk celana menurut saya cukup dari longjohn saja. Oleh karena itu sebaiknya membeli cadangan juga, setidaknya dua pasang longjohn. Berikutnya di bagian tangan kita tutupi dengan sarung tangan hangat serta kaki juga kita amankan dengan kaos kaki hangat yang umumnya berbahan wol. Untuk alas kaki sendiri, bisa menggunakan sepatu kets untuk kenyamanan berjalan serta di saat dingin menyerang kita bisa ganti dengan sepatu safety agar hangat dan terhindar dari licinnya jalanan sewaktu-waktu. Sebagian pakaian yang tak umum seperti jaket bulu angsa dan longjohn saya beli di sebuah toko menurut saran senior. Toko Djohan yang terletak di Pasar Pagi Mangga Dua Jakarta ini menawarkan pakaian musim dingin berkualitas dengan harga yang murah pula. Walau gerainya kecil namun pengunjungnya terbilang ramai. Semua pakaian yang saya sebutkan di sini bisa didapatkan di sini, bahkan kita juga bisa berkonsultasi kepada pegawainya di sana tentang hidup di musim dingin juga. Untuk daerah Bandung, toko Twig yang berada di sebelah PVJ sering menjadi referensi pakaian musim dingin. Tak lupa pula pakaian tradisional kita, setidaknya batik, untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada Rusia.
  • Kebutuhan Makan
Peralatan masak yang umum seperti panci dan wajan bisa kita beli nanti setelah sampai di Rusia. Begitu pula penanak nasi. Walaupun harganya bisa dibilang lebih mahal ketimbang membeli di Indonesia. Pun bahasa yang digunakan adalah bahasa Rusia jadi mungkin akan sedikit bingung mengoperasikannya. Sebaiknya tanyakanlah senior yang berada di kota atau bahkan yang satu universitas. Mungkin saja dengan senang hati akan meminjamkan peralatan masak itu. Beras masih bisa kita temukan dengan harga tidak terlalu mahal di sini. Yang sulit ditemukan adalah bumbu-bumbu khas Indonesia. Oleh karena itu, siapkanlah membawa berbagai bumbu instan seperti kecap manis, sambal dan sebagainya agar saat rindu masakan Indonesia tidak perlu pulang kampung.
  • Lain-lain
Bendera Merah Putih ukuran sedang bisa kita bawa untuk dipakai di berbagai acara internasional atau sebagai hiasan di kamar agar nasionalisme tetap membara. Juga oleh-oleh khas Indonesia seperti gantungan kunci atau kerajinan batik bisa kita sempatkan bawa untuk para kawan baru serta orang-orang yang akan membantu kita bisa hidup nyaman di sini. Mereka tidak akan melihat harganya, tetapi melihat usaha kita untuk memberikan hadiah khas kepada mereka. Uang tunai Indonesia juga bagi yang memiliki banyak bisa disimpan karena ada beberapa kawan yang senang tukar-menukar uang tunai dari lain negara. Yang tak kalah penting pula adalah obat-obatan lokal seperti tolak angin atau jahe hangat instan untuk menangkal keterkejutan badan terhadap dingin.

Itulah beberapa saran barang bawaan awal menuju Rusia. Sesampainya di Rusia kita masih bisa membeli berbagai perlengkapan yang belum tersedia. Jadi tidak perlu takut hingga mengirimkan mesin cuci ke sini. Ingatlah bahwa barang bawaan kita di bagasi mendapatkan gratis seberat 30 kg dan per kg lebihnya dikenai biaya yang sangat mahal, kalau tidak salah sampai 50$.

Selamat Berkemas!

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading