Powered by Blogger.

Kul-Syarief Mosque

Persiapan Visa Keberangkatan ke Rusia

Nov 14, 2014

Pengumuman hasil seleksi Beasiswa Pemerintah Federasi Rusia telah keluar. Apabila nama kita ada di salah satu baris di tabelnya, kita bisa memilih untuk bergerak maju ke tanah beruang atau tidak. Bila bergerak maju, salah satu langkah awalnya adalah mempersiapkan visa keberangkatan agar dapat masuk ke Rusia secara legal.

Gambar Visa Rusia yang telah jadi.
Pengurusan visa bagi penerima beasiswa dilakukan secara kolektif dan dibantu oleh pihak PKR. Mulai dari formulir pengajuan visa dan berbagai syarat lainnya, seperti aplikasi beasiswa terdahulu, dikumpulkan di dalam satu amplop coklat. Syarat pengajuan visanya adalah:
  • Paspor Asli yang masih berlaku setidaknya satu setengah tahun;
  • Selembar pasfoto berwarna ukuran 3 cm x 4 cm;
  • Formulir visa yang telah diisi (berikut contoh pengisian formulir visa); dan
  • Uang tunai sebesar $50.
Bagi yang sedang berada di luar kota pun bisa dengan mudah mengirimkan langsung ke alamat PKR. Visa hanya bisa diurus ketika kita telah mendapatkan telex visa (semacam undangan dari universitas yang menerima kita di Rusia). Jadi bagi beberapa kawan yang sudah dinyatakan diterima beasiswa namun masih belum mendapatkan telex visa dari universitas yang dikirim ke pihak PKR maka masih belum bisa mengajukan visa keberangkatan. Hal ini dapat menyebabkan keterlambatan keberangkatan ke Rusia namun tidak begitu masalah karena awal tahun pelajaran diisi dengan kelas bahasa Rusia sehingga masih bisa kita kejar.

Dana sebesar $50 bisa langsung berupa uang dollar Amerika secara fisik atau dengan Rupiah sesuai dengan nilai tukar PKR saat itu. Saya sendiri mencoba menukarkan uang ke jasa penukaran uang (money changer) yang berada di salah satu pusat perbelanjaan ternama ibukota. Ternyata saat kita akan membeli dollar, kemungkinan akan terjadi proses tawar-menawar. Namun karena saya hanya membeli dalam jumlah kecil, saya putuskan untuk tidak menawar. Pastikan uang yang kita terima dalam keadaan baik.

Selamat Mengajukan!

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading