Powered by Blogger.

Kul-Syarief Mosque

Ketinggalan Pesawat Ketika Transit, Bagaimana?

Sep 18, 2016

Biaya tiket pesawat ke luar negeri bukanlah hal yang main-main. Merencanakan perjalanannya tentu penuh pertimbangan. Waktu transit di sebuah bandara pun perlu kita perhatikan. Ada baiknya kita memilih maskapai yang telah memiliki predikat baik di mata dunia. Bisa dilihat dari peringkatnya oleh lembaga penilai maskapai penerbangan atau dari kerjasamanya dengan maskapai penerbangan internasional lain.

Pengalaman saya memakai maskapai Qatar Airways serasa seperti roller-coaster. Terutama ketika mengetahui akan waktu transit di Doha yang hanya satu jam. Saat itu perjalanan dari Kazan-Moskow-Doha-Jakarta pulang dan pergi. Ketika menuju Jakarta, semua berjalan sesuai rencana. Waktu satu jam di Doha untuk transit ke pesawat lain berjalan mulus. Walau saat itu baru pertama kali ke bandara itu, banyak petunjuk dan petugas yang siap membantu dengan bahasa Inggris yang fasih. Sempat duduk sesaat di Gate lalu lanjut masuk ke pesawat.

Berbeda ketika berangkat ke Kazan lagi. Saat itu di Jakarta, pesawat yang menuju Doha terlambat datang. Anehnya lagi, boarding pass saya dengan serta merta diambil oleh petugas. Awalnya saya kira ada sesuatu yang aneh di bagasi saya. Alhamdulillah ternyata itu pertanda kita akan naik kelas, menjadi kelas bisnis.

Boarding Pass kelas Bisnis


Hati masih was-was karena pesawat terlambat berangkat. Tentu saja waktu sampainya pun kemungkinan besar juga terlambat. Memang menjadi agak lega karena pelayanan kelas bisnis bintang lima yang luar biasa. Pesawat pun mendarat setelah lebih dari 8 jam mengudara. Berjejerlah beberapa pramugari dengan kertas bertuliskan beberapa kota tujuan, salah satunya Moskow. Saya dan beberapa orang yang sempat agak berlari pun menjadi terhenti. Kami pun diminta menunggu di belakang pramugari tadi. Setelah semua orang telah berkumpul, pramugari yang ternyata orang Indonesia itu pun menjelaskan bahwa pesawat kami yang menuju Moskow telah berangkat. Sedih? Justru saya gembira sekali karena pihak maskapai menyediakan tiket untuk esok hari via Frankfurt ke Kazan, hotel berbintang untuk menginap sehari dan tentu saja visa Qatar! Semuanya benar-benar gratis, akomodasi dari bandara ke hotel pun termasuk.

Pemandangan kota Doha dari Hotel


Malam harinya pun saya bersama kawan dari Indonesia yang bekerja di Qatar pun menikmati malam musim panas di jazirah Arab. Kalau dihitung kembali, harga akomodasi ini jauh di atas harga tiket pulang-pergi saya. Jelas beda memang bila kita menggunakan maskapai berkelas walaupun tiket kita awalnya hanya ekonomi.

Ada yang berani mengambil risiko dengan waktu transit satu jam? Bila memang kita tidak ada kegiatan penting yang mendesak, layak untuk dicoba!

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading