Powered by Blogger.

Kul-Syarief Mosque

CV dan Motivation Letter

Jan 8, 2015

Dua buah hal yang mungkin baru bagi para lulusan SMA yakni CV dan motivation letter. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia ada sebagian siswa yang sudah diajarkan. Namun di kehidupan nyata mungkin agak sedikit berbeda. Kedua hal ini seringkali dibutuhkan saat ingin melamar istri atau pekerjaan serta beasiswa juga. Khusus untuk beasiswa dari Pemerintah Rusia, CV dan motivation letter ini  sudah disediakan formatnya, bisa diunduh di sini.

Saya akan sedikit memberikan gambaran mengenai CV dan motivation letter yang saya buat dahulu untuk beasiswa ini. Untuk CV sendiri, kita bisa melampirkan daftar yang lebih rinci mengenai diri kita di lembar lain. Format tidak ada yang baku, hanya saja dari lembaran tersebut bisa dengan mudah dan nyaman untuk orang lain melihat sepak terjang kita selama ini. Saya sendiri membuat CV dengan format seperti ini. Tips yang bisa saya berikan mengenai CV ini adalah dengan segera membuatnya walaupun hanya dalam tabel simpel serta berangsur-angsur mengisinya bila kita memiliki pencapaian atau pengalaman baru yang relevan. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak lupa serta menghindari rasa malas akibat menunda-nunda. Karena CV ini diminta menggunakan bahasa Inggris, akan lebih baik bila kita mengeceknya lagi baik dengan kamus atau dengan kawan yang mahir.

Motivation letter, di laman ini kita diberikan sebuah ruang kosong untuk bebas menulis. Semacam menulis esai tentang alasan dan dorongan yang membuat kita memutuskan untuk memilih melanjutkan studi di Negeri Beruang Putih. Bagian ini juga tidak ada kata salah atau keliru. Kita bisa bercerita tentang kekaguman pada Rusia dari berbagai sisi, kerjasama antara Indonesia dan Rusia sejauh ini atau tentang ambisi pribadi, tentu dengan bahasa yang menyenangkan untuk dibaca. Biasanya ketika wawancara, motivasi ini akan kembali ditanyakan. Salah satu poin penting yang saya tulis untuk motivation letter ini adalah mampu memberikan warna yang berbeda untuk kemajuan bangsa dan agama.

Semangat bermotivasi!

2 comments

  1. Contoh cv dan ML nya tidak bisa di unduh mas. Oiya beasiswa pemerintah rusia hanya membiayai pendidikan aja, untuk biaya hidup dan lain-lain gimana mas, biaya sendiri atau dapat beasiswa lain, mohon infonya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih,mungkin bisa dicoba dengan browser lain atau dari handphone. Bagi yg S2 dan S3 biasanya akan ada bantuan dari lpdp utk biaya hidup namun sifatnya tidak pasti.

      Delete

 

Most Reading